Wisata Akhir Tahun 2022: Awas! Wisata 'Balas Dendam' Akan Marak Setelah Pandemi Mereda

- Rabu, 30 November 2022 | 21:15 WIB
Ilustrasi wisata di Lembang KBB. Wisata Akhir Tahun 2022: Awas! Wisata 'Balas Dendam' Akan Marak Setelah Pandemi Mereda (Instagram @floating.market.lembang)
Ilustrasi wisata di Lembang KBB. Wisata Akhir Tahun 2022: Awas! Wisata 'Balas Dendam' Akan Marak Setelah Pandemi Mereda (Instagram @floating.market.lembang)

BANDUNG HITS- Masa pandemi dalam dua tahun terakhir ini membuat warga masyarakat susah untuk berwisata. Termasuk berwisata di libur akhir tahun.

Setelah pandemi mereda dan pemerintah membuka kembali kran wisata sehingga terjadi lah wisata 'balas dendam" atau Istilah revenge tourism.

Istilah ini belakangan mulai marak diperbincangkan. Diartikan secara harafiah sebagai "perjalanan wisata balas dendam". Konsep ini merujuk pada dampak Covid-19 terhadap kebiasaan melancong masyarakat.

Baca Juga: Daftar Destinasi Wisata Bernuansa Horor yang Bisa Dicoba Jika ke Yogyakarta

Mengutip Antara,  konsep revenge tourism pertama kali muncul pada tahun 2020.

Pandemi Covid-19 menutup sebagian besar bisnis di sektor perjalanan dan pariwisata, perbatasan antarnegara ditutup di seluruh dunia, lockdown, hingga persyaratan karantina yang berulang membuat orang memiliki sangat sedikit kesempatan untuk bepergian.

Akibat dipaksa tinggal di satu tempat begitu lama, orang-orang mulai 'ingin balas dendam'.

Orang ingin/ingin menebus waktu yang hilang. Mereka ingin melakukan perjalanan yang terpaksa mereka batalkan sejak tahun  2019.

Baca Juga: Bisa Jadi Pemberdayaan Ekonomi, Pemerintah Siapkan Paket Wisata di 6 Kota Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Halaman:

Editor: Sarnapi

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X