Jangan Terlalu Khawatir Soal Keputihan, Dokter Menegaskan Hal Ini Soal Keputihan dan Kanker Serviks

- Minggu, 27 November 2022 | 07:47 WIB
Ilustrasi kanker serviks. Jangan Terlalu Khawatir Soal Keputihan, Dokter Menyatakan Soal Hubungan  Antara Keputihan dengan Kanker Serviks (LJNovaScotia)
Ilustrasi kanker serviks. Jangan Terlalu Khawatir Soal Keputihan, Dokter Menyatakan Soal Hubungan Antara Keputihan dengan Kanker Serviks (LJNovaScotia)

BANDUNG HITS- Kadang perempuan memiliki khawatir berlebihan soal keputihan yang dihubungan dengan kanker serviks.

Simak dulu perkataan dari  Dokter Spesialis Kandungan dan Ginekologi dr. Cindy Rani Wirasti, Sp.O.G.

Cindy menyatakan,  jika keputihan yang diderita oleh seorang perempuan bukanlah gejala dari kanker serviks yang terjadi akibat penularan virus human papillomavirus (HPV).

Baca Juga: Fakta atau Mitos: Bra Kawat Picu Kanker Payudara? Begini Jawaban Dokter

“Banyak orang menduga kalau keputihan itu salah satu tanda kanker serviks, padahal bukan. Kanker serviks itu terjadi di dalam, jadi dia tidak bisa dilihat secara kasat mata dan harus dilakukan pemeriksaan lebih lanjut,” kata Cindy dilansir dari Antara.

Cindy menuturkan kanker serviks tidak menimbulkan gejala pada penderitanya, hanya saja penyakit itu baru terdeteksi setelah memasuki stadium lanjut.

Dia menambahkan, dapat diketahuinya tanda-tanda kanker serviks pada seorang perempuan, baru dapat dinyatakan setelah membuka vagina dengan spekulum.

Baca Juga: Waspada! Jarang Diungkap Ternyata Sebagian Besar Kanker Payudara Tak Bergejala, Ini Penjelasan Dokter

Oleh karenanya, Cindy mengimbau agar setiap perempuan yang sudah aktif melakukan hubungan seks untuk memeriksakan dirinya agar segera ditangani disamping mendapatkan vaksin HPV.

Halaman:

Editor: Sarnapi

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X